Rabu, 31 Juli 2019

Definisi Seni , Definisi Seni Rupa dan Fungsi Seni Rupa

Kompetensi Dasar
3.4.   Menganalisis jenis, simbol, fungsi, tokoh dan nilai estetis, dalam  karya seni rupa

Materi
A. Definisi Seni
B. Definisi seni rupa
C. Fungsi dan tujuan Seni rupa
D. Pembagian Seni Rupa
E. Aliran / gaya dalam Seni Rupa


A. Definisi Seni

      Seni berasal dari kata “sani” dalam bahasa Sansekerta yang berarti pemujaan, pelayanan, donasi, permintaan atau pencarian dengan hormat  dan jujur (I Gusti Bagus Sugriwa: 1957). Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa istilah seni tersebut diambil dari bahasa Belanda “Genie” atau jenius. 
kedua asal kata itu memberikan gambaran yang jelas tentang aktivitas apa yang sekarang ini dibawakan oleh istilah tersebut, yaitu suatu pemujaan atau dedikasi, pelayanan, ataupun donasi yang dilaksanakan dengan hormat dan jujur yang untuk melakukannya diperlukan bakat dan kejeniusan.
Seni merupakan segala sesuatu yang dilakukan oleh orang bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan adalah apa saja yang dilakukan semata-mata karena kehendak akan kemewahan, kenikmatan ataupun karena dorongan kebutuhan spiritual (Everyman Encyclopedia)
Seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa perasaan manusia (Ki Hajar Dewantara) 
Menurut beberapa definisi di atas daat disimpulkan bahwa seni adalah karya manusia yang mengkomunikasikan pengalaman-pengalaman batinnya yang disajikan secara indah dan menarik. Kehadirannya tidak didorong oleh hasrat memenuhi kebutuhan pokok, melainkan usaha untuk melengkapi kebutuhan yang sifatnya spiritual.
seni dibagi menjadi empat cabang, yaitu Seni Rupa, Seni Musik , Seni Tari dan Seni Drama/Teater 

B. Definisi Seni Rupa

    Seni Rupa adalah sebuah konsep atau nama untuk salah satu cabang seni yang bentuknya terdiri atas unsur-unsur rupa yaitu: titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, ruang dan gelap terang. Unsur-unsur rupa tersebut tersusun menjadi satu dalam sebuah pola tertentu ke dalam media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan oleh rabaan
Bentuk karya seni rupa merupakan keseluruhan unsur-unsur rupa yang tersusun dalam sebuah struktur atau komposisi yang bermakna. Unsur-unsur rupa tersebut bukan sekedar kumpulan atau akumulasi bagian-bagian yang tidak bermakna, akan tetapi dibuat sesuai dengan prinsip tertentu. Makna bentuk karya seni rupa tidak ditentukan oleh banyak atau sedikitnya unsur-unsur yang membentuknya, tetapi dari sifat struktur itu sendiri. Dengan kata lain kualitas keseluruhan sebuah karya seni lebih penting dari jumlah bagian-bagiannya.

C. Fungsi dan tujuan seni rupa

    Sebagai unsur budaya, seni hadir atau diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia baik lahir maupun batin. Sebuah unsur budaya akan tetap terpelihara keberadaannya jika unsur budaya tersebut masih berfungsi dalam kehidupan sosial. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat merasakan betapa kita sangat membutuhkan sarana berekspresi dalam menikmati keindahan bentuk.
Berdasarkan fungsinya dalam memenuhi kebutuhan manusia, seni dipilah menjadi beberapa kelompok.
1. Fungsi Individual
   Manusia terdiri dari unsur fisik dan psikis. Salah satu unsur psikis adalah emosi. Maka fungsi             individual ini dibagi menjadi fungsi fisik dan fungsi emosi.
  a. Fisik -Fungsi ini banyak dipenuhi melalui seni pakai yang berhubungan dengan fisik, seperti;              busana, perabot, rumah alat transportasi dan sebagainya.
  b. Emosional -Fungsi ini dipenuhi melalui seni murni, baik dari senimannya maupun dari pengamat        atau konsumennya. Contoh: lukisan, patung, film dan  sebagainya
2. Fungsi Sosial
   Fungsi sosial artinya dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak dalam waktu      relative bersamaan. Fungsi ini dikelompokkan dalam    beberapa bidang.
  a. Rekreasi / hiburan- Seni dapat digunakan sebagai sarana untuk melepas kejenuhan atau                       mengurangi kesedihan. Contoh: film, komedi, tempat       rekreasi dan sebagainya.
 b. Komunikasi - Seni dapat digunakan untuk mengkomunikan sesuatu seperti pesan, kritik,                    kebijakan, gagasan, dan produk kepada orang banyak. Contoh: iklan, poster, spanduk, dll
 c. Edukasi / Pendidikan - Pendidikan juga memanfaatkan seni sebagai sarana penunjangnya, contoh;       gambar ilustrasi pada buku pelajaran, poster       ilmiah, foto dan sebagainya.
 d. Religi / Keagamaan - Karya seni dapat dijadikan ciri atau pesan keagamaan. Contohnya; kaligrafi,       arsitektur tempat ibadah, busana keagamaan dan sebagainya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar