Kamis, 01 Agustus 2019

Simbol, Jenis dan Nilai Estetis dalam Seni Rupa


1. Simbol

    yaitu tanda yang mengandung arti tertentu. dalam seni rupa , kata simbol berarti makana yang dikandung dalam karya seni rupa baik pada wujud  objeknya maupun pada unsur-unsur rupanya. contohnya salah satu unsur srni rupa yaitu warna . warna hijau jika dimaknai adalah simbol kesuburan. objek patung Ganesha sebagai simbol ilmu pengetahuan/ kecerdasan .

 

2. Jenis 

    yaitu pengelompokan karya sesuai dengan kesamaan karakteristik yang dimilikinya . pengelompokan jenis karya seni rupa ini dapat dilakukan berdasarkan teknik pembuatan dan perwujudannya, bahan dan medium, objek, tema, isi pesan, gaya pengungkapan, dsb.
dalam Seni Lukis ada 3 jenis lukisan berdasarkan ide penciptaannya.

 a. Lukisan Eksploratif

     yaitu lukisan yang mengolah objek dari lingkungan sekitar. ide diperoleh dari penjelajahan/                pencarian/ pengamatan objek-objek nyata. contoh : lukisan dengan aliran realisme dan naturalisme.

 b. Lukisan Imajinatif

     yaitu lukisan yang dibuat berdasarkan imajinasi, khayalan pelukisnya. objek-objeknya tidak nyata.
    contoh : lukisan dengan aliran surealisme.


 c. Lukisan Repro

     lukisan yang dibuat dengan meniri lukisan terkenal dari pelukis ternama. lukisan dibuat sama persis semirip mungkin aslinya. contoh : Lukisan Monalisa  karya Leonardo da Vinci.  



3. Nilai Estetis/ Keindahan

    nilai keindahan dilihat berdasarkan unsur-unsur rupa yang terdapat pada karya seni dan prinsip-prinsip penataanya. penilaian terhadap karya seni dapat dibedakan menjadi 2, yaitu penilaian secara Objektif (wujud karya) dan penilaian secara Subjektif (selera penikmatnya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar