Kamis, 29 Agustus 2019

Review Rumah Belajar


Judul Buku : Katalog Museum Indonesia

Penerbit : 

  • Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman
  • Direktorat Jenderal Kebudayaan
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Penyusun:
Rusmiyati
Dewi Murwaningrum
M. Amperawan Marpaung
Archangela Yudi Aprianingrum
Putri Haryanti
Dimas Setyo Saputro
Mita Indraswari
Betsy Edith Christie
Nabila Khoirunnisa
Shafrina Fauzia
Asri Hayati Nufus
Aditya krisna wibowo
Amir Muzakki Al Haris

Kelebihan:


               Katalog Museum Indonesia Jilid II merupakan daftar museum yang ada di Indonesia. Dalam katalog jilid II ini museum yang tercatat dari Provinisi D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tinur, Tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terdapat 435 museum yang tersebar di seluruh museum di Indonesia. Buku ini memuat informasi dasar dari masing-masing museum untuk memudahkan pembaca mengetahui keberadaan museum. Informasi yang dimuat di dalam buku ini mencakup desksripsi singkat, alamat dan keletakan, kontak, waktu kunjungan, dan informasi harga tiket masuk. 
       Katalog Museum Indonesia secara terperinci memuat informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk dapat mengenal, mempelajari, dan akhirnya menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke museum. Museum sudah seharusnya dapat menjadi sarana belajar, maka untuk orangtua dapat mengenalkan museum pada anak-anak sejak dini. 

Kekurangan : 
Dalam Katalog Museum indonesia Jilid II belum memuat sescara keseluruhan museum yang ada di propinsi seluruh Indonesia, contohnya Propinsi Jawatengah khusunya Kabupaten dan Kota Magelang.

Saran :
  • Untuk Edisi selanjutnya bisa dilengkapi lagi Propinsi bahkan sampai kabupaten dan kota
  • Untuk masing-masing museum alangkah lebih bagusnya bila dilengkapi alamat website ataupun akun media sosial. karena promosi wisata saat ini lebih banyak menggunakan media sosial. 






Lembaga Penyedia : Direktorah Sejarah

Judul : Kumpulan Karya Poster Olimpiade Sejarah Nasional 2018

Penulis :
 Alisya Tiara, Almira Salsabila, Andhika Surya Ramadhan, Annisa Utami Kaffa, Athaya Nirwana Farhah,Athaya Shaumi, Dhiya Fakhar Na , Dyah Aruna Paramartha, Erlanggasakti Ubazti Putra, Evita Juliana,Farrely Firenza, Felicia, Fikri Izzaldin, Ghazy Rayhan Largo, Imansyah Aditya, Kamal Fikri, Luvanna,Mashita Zamida, Meliana Chandra, Muhammad Asyif, Muhammad Rhehan, Nadia Skar, Najwa AuliaHerman, Nathalia, Nufal Hilmy Pratama, Ni Made Radyaning, Prada Apriliani, Rania A. Sadira,Satrio Budi Pambagyo, Syavira Ayuningtias, Teuku Maulana Ridwan Nabawi

Keunggulan:
Kumpulan Karya Poster Olimpiade Sejarah Nasional 2018 memuat seluruh karya peserta lomba poster sejarah yang berjumlah sebanyak 32 poster. Menurut saya buku ini sangat bagus untuk diapresiasi terutama untuk guru seni budaya khususnya seni rupa . Bakat dan keterampilan siswa dalam berkarya seni gambar poster memang sudah sepatutnya difasilitasi dalam wadah atau bentuk bukusehingga bisa dilihat masyarakat luas serta memotivasi peserta didik untuk mampu berkarya dan berkreasi. harapan kami, kedepannya setiap sekolah mampu membukukan karya siswa dan mempublikasikannya.

Kekurangan:
Menurut saya buku ini kurang memuat deskripsi dari masing-masing karya dan kalau bisa ditampilkan foto pembuatnya.

Saran :
Alangkah lebih bagusnya apabila dilengkapi deskripsi dari masing2 gambar poster dan foto pembuatnya serta proses penciptaan karya tersebut.


  • Review ini bisa dilihat di Youtube :

https://www.youtube.com/watch?v=qoHvFf5bIKk&t=63s



Tidak ada komentar:

Posting Komentar